Asisten Adum Setdakab Tanbu Buka Bimbingan Perkawinan Pranikah Remaja Usia Nikah

0
121
Batulicin – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Tanah Bumbu, Andi Aminuddin membuka kegiatan bimbingan perkawinan pranikah bagi remaja usia nikah yang digelar Kantor Kementerian Agama Kab Tanah Bumbu,Kamis (23/9/22) di Seroja Room Hotel Ebony.
Aminuddin menyampaikan,atas nama pemerintah daerah, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada remaja usia nikah kesiapan lahir batin menuju jenjang  pernikahan
” Kegiatan ini sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman bagaimana persiapan membangun keluarga sakinah dengan sikap saling memahami dan rasa kebersaaan,” ujar Aminuddin membacakan sambutan Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar saat membuka kegiatan ini.
Ia juga mengingatkan, bagaimana pentingnya pasangan usia nikah mengetahui dan memahami bagaimana menyelesaikan setiap permasalahan dengan  bijak.
” Masalah ekonomi,juga faktor pengaruh informasi seperti media sosial seringkali bisa menjadi penyebab kecemburuan yang bisa berujung pada kelangsungan rumah tangga,” tambahnya
Untuk itu lanjut Aminuddin, perlu diberikan pembekalan bimbingan kepada remaja usia dini agar memiliki kesiapan menghadapi setiap persoalan tersebut.
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Bumbu,DR H Ahmad Kamal,SHI,MAg diwakili Kepala Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kab Tanah Bumbu, H Umar Ruslan menyampaikan, bimbingan perkawainan pranikah usia dini angakatan II ini diikuti 40 pelajar SLTA/MA sederajat di Tanah Bumbu, guru pembimbing dan Kepala KUA Kecamatan.
Kegiatan ini menindaklanjuti edaran Bapak Gubernur 2021 tentang penundaan nikah usia dini dan masih tingginya kasus perkawinan dini di daerah ini.
” Di Tanah Bumbu termasuk tertinggi kasu nikah dibawah umur, dalam satu tahun terakhit ada 78 kasus.Adanya revisi UU Perkawinan tahun 2019 terakhir perkawinan usia dini,” ujarnya
Menurut Umar,sejumlah faktor disebut menjadi penyebab masih tingginya kasus perkawinan dini itu. Ia berharap kegiatan bimbingan perkawinan ini dapat memberikan pemahaman kepada remaja usia nikah mencegah terjadinya perkawinan usia dini.
Narasumber dalam kegiatan diantaranya dari Polres Tanbu dengan materi bahaya penggunaan narkoba bagi remaja dan penanggulangannya.
Selain itu narasumber lainnya dari tokoh pemuda dengan materi mempersiapkan genarasi berpresrasi diera milienal
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here