Antisipasi Bencana BPBD Tanbu Gelar Rakor Lintas Sektor

0
122
Batulicin,wartatatanbu.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mengantisipasi bencana banjir longsor dan puting beliung
Rakor kebencanaan di buka oleh Bupati Tanah Bumbu diwakili Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Eryanto Rais, SH MM, di Media Center BPBD, Kamis (19/11/20) diikuti SKPD terkait, Camat perwakilan Forkopimda dan stakeholder.
Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya menyambut baik digelarnya rakoor kebencanaan ini sebagai bentuk kesiapan siagaan pencegahan lebih dini secara terpadu dalam menghadapi fenomena la Nina yang mengakibatkan anomali cuaca berupa peningkatan curah hujan di Kabupaten Tanah Bumbu.
“Apalagi situasi dan kondisi wilayah geografis Kabupaten Tanah Bumbu sangat rentan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gelombang pasang,”ujarnya
Karena itu melalui momentum rapat koordinasi ini tercipta sinergitas dukungan dan perhatian seluruh elemen dan stakeholder terkait dibumi Bersujud dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sedini mungkin.
Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Eryanto Rais melaporkan, puncak Fenomena La nina diprediksi akan terjadi di bulan januari-Pebruari 2021.
“Kita masih ada waktu dua bulan kedepan memberikan edukasi kepada masyarakat kesiapan mengantisipasi dampak la nina seperti bencana banjir,” ujarnya melalui Abd Rahim,Kabid Kedaruratan BPBD Tanah Bumbu.
Di tambahkan,meskipun curah hujan di wilayah Tanah Bumbu relatif kecil namun ia meminta masyarakat  tetap siaga mengantisipasi potensi bencana
“Kita juga akan membuat surat Edaran kesiapsiagaan bencana kepada seluruh camat diteruskan ke Lurah dan Desa untuk melakukan antisiapsi bencana banjir puting beliung diwilayah masing masing,”tambahnya
Kesiapan lainnya yakni sosialisasi daerah rawan bencana,kesiapsiagaan Pusdalops,susur sungai guna memastikan tidak ada potensi bencana dan tempat evakuasi berbasis protokol kesehatan.
BPBD Tanbu juga melaporkan prediksi potensi banjir di Kab Tanah Bumbu bulan November-Desember 2020 adalah menengah berpotensi terjadi di Kecamatan Batulicin yang dilintasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Batulicin.
“Kecamatan Kusan Hulu dan Kusan Hilir yang dilalui DAS Sungai Kusan,juga berpotensi menengah banjir” tambahnya
Lanjutnya lagi,sementara untuk potensi banjir tinggi diprediksi terjadi di Kecamatan Satui yang dilalui DAS Sungai Satui.
“Untuk mitigasi banjir di Kecamatan Satui pilihannya adalah relokasi pemukiman warga dan saat ini yang dapat dilakukan dengan melakukan sungai satui,” pungkasnya
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here