Aksi ‘GENRE’ Siswa SMAN 1 Simpang Empat : Sekolah,Sarjana, Kerja,Baru Nikah.

0
108
Batulicin,WTol – Aksi Genre (Generasi Berencana) merupakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai upaya mengingatkan generasi muda merencanakan masa depan mereka dengan baik.
Sesuai tema Aksi Genre yakni ‘Sekolah, kuliah,sarjana bagawi,hanyar kawin’ kegiatan yang dilaksanakan BKKBN Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Dinas KBP3A Tanah Bumbu di Aula SMA Negeri 1 Simpang Empat,Rabu (16/10/19)
Plt Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan,Ir H Ramlan,MA dalam kegiatan tersebut mengatakan aksi genre bertujuan mengingatkan remaja untuk merencakan masa depan mereka dengan baik.
“Sebagai pelajar,ada tiga hal penting yang harus dihindari yakni menghindari perilaku seks bebas,penyalahgunaan Narkoba dan pernikahan dini,”sebutnya
Baca Juga : Pertemuan Guru UKS se Tanbu Bahas Program Kesehatan Sekolah.
Ia menambahkan, remaja atau pelajar yang melakukan pernikahan dini maka secara langsung akan kehilangan masa remaja,selain itu juga kehilangan hak mendapatkan pendidikan karena putus sekolah.
Sebutnya lagi,dampak dari perkawinan usia dini rentan terhadap penyakit kanker serviks maupun resiko kematian ibu dan anak serta rentan perceraian akibat belum memiliki kesiapan mental.
” Data menyebutkan,masih ada sekitar 10 persen kasus perkawinan usia muda,”imbuhnya.
Baca Juga : Peringati Hari Anak Nasional 2019, Pemkab Tanbu Kampanyekan Hak Anak Mendapat Pendidikan Terbaik
Baca Juga : Hari Gerak PKK,Bupati Minta Kader PKK Dukung Program Kampung Iklim
Ia menambahkan,usia ideal melakukan pernikahan untuk laki laki adlah 25 tahun sedangkan untuk perempuan adalah 21 tahun.
Melalui kegiatan ini diharapkan para generasi muda/pelajar dapat merencanakan masa depan mereka dengan membekali diri dengan pendidikan, kesehatan dan juga memiliki mental yang sehat.
Turut hadir dalam aksi genre tersebut,Direktur Balita dan Anak BKKBN Pusat,Kabid KSPK Provinsi Kalsel,Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanbu,Kepala Sekolah SMAN 1 Simpang empat dan Pelajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here