Ajak Gabung Program YESS Dorong Lahirnya Petani Milenial di Tanah Bumbu

0
133
Foto : Ilustrasi wirausaha pertanian
Batulicin – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menjadi salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang masuk dalam program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).
Program YESS sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian.
Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).
“Kita harus mengedukasi generasi sekarang (milenial) bahwa berusaha di sektor pertanian sangat menguntungkan,”
Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk merancang berbagai model bisnis yang tersedia di kabupaten serta keterampilan teknis dan manajemen yang diperlukan untuk mengimplementasikan dan mengembangkannya.
Program YESS dijalankan pada empat provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Sudah berjalan sejak tahun 2019, ditargetkan sampai tahun 2025
Untuk mensukseskan Pemerintah Provinsi Kalsel dan Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel yaitu SMK PP N Banjarbaru saling bersinergi dalam menyukseskan program YESS di Kalimantan Selatan pada 3 kabupaten yaitu : Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, dan Tanah Bumbu.
Menindaklanjuti hal tersebut, SMK PP Negeri Banjarbaru melakukan sosialisasi program YESS di berbagai platform media yang ada, salah satunya di radio.
Untuk mensosialisasikan program tersebut,digelar talkshow bertema “Membangun Jejaring dan Ekosistem Bisnis Pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu” live di Radio Swara Bersujud 89,8 FM,Rabu, 25 Agustus 2021, pukul 09.00 s.d 10.00 Wita.
Talkshow ini, PPIU Kalsel diwakili Mobilizer di Kabupaten Tanah Bumbu, Suryani. Dan selanjutnya, Heru Dianto selaku Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Karang Bintang sekaligus sebagai penerima manfaat Program YESS pada kegiatan Staff BDS, Workshop Model Bisnis Pertanian dan Start Up Workshop.
Sementara hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terlaksananya workshop motivasi bisnis bagi pemuda di 3 kabupaten lokasi program YESS PPIU Kalimantan Selatan.
Berikut jadwal pelaksanaan workshop motivasi bisnis bagi pemuda di Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai berikut:
1. BPP Angsana pada tanggal 25 s.d 26 Agustus 2021
2. BPP Kusan Hilir 26 s.d 27 Agustus 2021
3. BPP Karang Bintang 28 s.d 29 Agustus 2021
4. BPP Kuranji 30 s.d 31 Agustus 2021
*Rsb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here