Air Sumur dan Tanah Kerajaan Pagatan Akan Dibawa Di Perayaan 1 Abad PSHT di Madiun

0
170
Batulicin,wartatanbu.co.id – Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tanah Bumbu akan mengikuti kirab budaya Nusantara dalam rangka perayaan 1 abad PSHT yang rencananya akan digelar pada 2 September 2022 di Kota Madiun,Jawa Timur.
Dalam kirab budaya Nusantara tersebut masing masing cabang PSHT diseluruh nusantara akan membawa air dan segenggam tanah yang diambil dari tempat bersejarah didaerah asal.
PSHT Cabang Tanah Bumbu akan membawa air dan tanah yang diambil dari sumur dan tanah peninggalan Istana Kerajaan Pagatan dan Kusan di Kecamatan Kusan Hilir.
Nantinya air dan tanah yang dibawah tersebut akan disatukan bersama cabang PSHT dari seluruh Nusantara untuk dimasukkan ke monumen satu abad PSHT.
” Untuk tanah dan air sudah diserahkan kepada bapak Sismanto,selaku Ketua Dewan Cabang PSHT Tanah Bumbu,” terang Andi S Jaya selaku pewaris Kerajaan Pagatan dan Kusan,Jum’at (10/6/22).
Menurut Andi Jaya, air yang akan dibawah itu diambil dari sumur yang dahulunya digunakan oleh keluarga di lingkungan istana kerajaan yang sampai saat ini masih tetap digunakan demikian juga tanah yang diambil dari lingkungan komplek Istana Kerajaan Pagatan dan Kusan.
“Jadi memang air dan tanah yang akan dibawa ini diambil dari tempat yang memiliki nilai budaya atau kearifan lokal diseluruh nusantara,”imbuhnya.
Sementara itu, Sismanto selaku Ketua Dewan Cabang PSHT Tanah Bumbu mengungkapkan,sebelum dibawah ke Madiun, tanah dan air yang berasal dari seluruh Kalimantan baik Kaltara, Kaltim, Kalteng dan Kalsel itu terlebih dahulu  akan dibawa kirab ke Banjarmasin.
Selanjutnya dari banjarmasin kemudian dibawa ke Surabaya lalu di bawa jalan kirab lagi bergabung dengan PSHT dari Indonesia Timur dan Tengah lainya.
“Tanggal 15 Agustus semua tanah dan air harus sudah sampai di pulau jawa. Ada 3 titik, di Jakarta kawan kawan PSHT yang dari Sumatera & Kalbar, Surabaya yang dari Papua maluku sulawesi dan Kalimantan (non kalbar)  dan Jember yang dari NTT, NTB & Bali,” tambahnya.
Sesuai jadwal yang telah dibuat panitia perayaan 1 abad PSHT, tanah dan air yang sudah dikumpulkan akan diikutkan pada upacara HUT RI ke 77 dimasing masing zona.
“Tanggal 17 Agustus diikutkan upacara HUT RI di masing zona, selanjutnya dibawa ke Madiun sampai puncak acara HUT 1 Abad PSHT tanggal 2 September 2022,”pungkasnya.
Seperti diketahui,Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) akan memasuki usia 1 abad pada 2 September 2022 mendatang.
Sejumlah agenda akan menyertai perhelatan satu abad ini diantaranya Rakernas PSHT yang diselenggarakan pada 6 November di Palembang tahun lalu.
Selain itu sejumlah kegiatan juga sudah dipersiapkan diantaranya kegiatan Internasional PSHT Cup yang berisi silat tanding dan seni. Ada pula Festival Pencak Silat yang menjadi rangkaian kegiatan menyambut 1 abad PSHT.
Puncak perayaan satu abad PSHT juga akan dihadiri 28 cabang khusus yang ada di luar negeri. Selanjutnya ada kegiatan bakti sosial donor darah, khitan massal, bedah rumah dan sejumlah kegiatan lainnya. (Wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here