97 Persen Siswa SD dan SMP Telah Miliki Kartu KIA

0
273
Batulicin,WTOL – Kepemilikan Kartu Identitas Anak ( KIA) bagi Siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) saat ini  telah mencapai 97 persen, hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu, Selasa (08/01) di ruang kerjanya.
Kasi Kelembagaan dan Kesiswaan Firdaus, saat dikonfirmasi mengatakan, jumlah SD di Tanah Bumbu seluruhnya sebanyak 192 sekolah negeri dan swasta, yang sudah mengajukan pembuatan KIA sebanyak 179 sekolah. Sedangkan untuk SMP sebanyak 60 sekolah, hanya dua sekolah belum.
Firdaus menambahkan, sehingga capaian sampai saat ini berkisar 97 persen dan pada tahun 2019 akan dilanjutkan hingga seluruh siswa sekolah di Tanah Bumbu memiliki KIA.
“KIA merupakan program pemerintah pusat yang merupakan salah satu persyaratan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya,” sebutnya.
Terkait hal ini proses pengajuan KIA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hanya memberikan data sekolah dan memfasilitasi prosesnya saja, selanjutnya pihak sekolah masing masing yang akan mengajukan pembuatan kartu KIA ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
“Adapun kendala yang dihadapi dalam hal pengajuan KIA untuk seluruh siswa sekolah adalah kartu keluarga yang dimiliki siswa tersebut belum berisi data yang akurat dan benar, sehingga penerbitan kartu KIA tersebut tidak bisa dilakukan sebelum perbaikan,” jelasnya.
iwn/mc/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here