Disdagri Tanbu Berikan Pelatihan Sasirangan Bagi IKM di Satui

0
114
Batulicin,WTol – Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) terus berupaya mendorong tumbuhnya Industri Kecil Menengah (IKM) serta wirausaha baru di Tanah Bumbu
Melalui pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dilaksanakan di Kecamatan Satui baru baru tadi. Progran pelatihan bagi pelaku IKM di Tanah Bumbu tersebut merupakan agenda rutin disdagri setiap tahun melalui hasil usulan masyarakat pada Musrembang.
“Pelatihan kain sasirangan diikuti sebanyak 8 pengrajin sasirangan, pesertanya adalah mereka yang masih baru dan telah lama menggeluti usaha sasirangan namun dengan pengetahuan dasar yang sangat terbatas,” kata Kabid Perindustrian Disdagri Tanah Bumbu, H. Fityanto, Selasa (18/2/20) di Batulicin.
Lanjutnya lagi,dalam pelatihan tersebut pihaknya mendatangkan instruktur pengajar dari Banjarmasin yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya baik dari segi pembuatan dan pemasaran kain sasirangan.
Kepada peserta pelatihan diberikan materi diantaranya tahap dasar pengenalan kain, mengenal alat hingga teknik mendesain kain dari awal sampai akhir.
Peserta pelatihan telah disiapkan bahan dan peralatan pendukung pelatihan seperti benang, kain, jarum, kaos tangan, dan alat pengaman pembuatan:
Fityanto berharap, melalui pelatihan ini nantinya peserta dapat mengimplementasikan keterampilan yang didapatkan untuk mendorong peningkatan kualitas IKM kain sasirangan di Tanah Bumbu menjafi lebih maju dan berkembang.
Disdagri juga berkomitmen memajukan IKM di Tanah Bumbu, Fityanto melalui sejumlah program pendampingan hingga pembinaan sampai pelaku usaha mampu berdiri sendiri secara mandiri.
Beberapa program lanjutan yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020 yakni menyediakan secara gratis stand pemasaran produk bagi pelaku IKM di bidang pangan di Taman Edukasi serta lomba desain kain tenun di Gedung PKK.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here