6 Inovasi Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas Sebamban 1

0
41
Batulicin – Puskesmas Sebamban 1 Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik berkaitan dengan pelayanan ramah anak.
Kepala Puskesmas Sebamban 1, Amiruddin menuturkan, setidaknya ada enam inovasi pelayanan terbaik yang diterapkan terkait dengan puskesmas ramah anak.
Lalu apa saja layanan tersebut, berikut penjelasannya,
1.Aplikasi Tangan Tuan Takur.
Layanan ini digunakan untuk memudahkan komunikasi antara  petugas gizi dengan masyaratakat dalam upaya menekan  angka balita kurus di Kecamatan Sungai Loban.
Keberhasilan aplikasi tersebut membantu menurunkan kasus balita kurus hingga 0% tahun 2018. Sehingga mampu menjadi  juara  1 pada Lomba Tenaga Kesehatan Teladan di Jakarta tahun 2018.
2.Plhebotomy Pillow Child Friendly (bantalan siku ramah anak)
Inovasi ini bertujuan untuk mengurangi rasa takut anak saat anak-anak diambil darah vena (dilengannya). Sehingga dapat mengurangi ketakutan dengan kadar ringan pada anak-anak.
3.Tourniquet Child Friendly
Tourniquet Child Friendly adalah pembendung darah vena yang ramah anak untuk mengurangi rasa takut anak -anak saat venanya dibendung.Dengan begitu tidak menimbulkan rasa trauma anak dalam hal kesehatan.
4.Autoclick Child Friendly
5.Springe Child Friendly Jarum suntik ramah anak yang memiliki fungsi sama.
6.Stetoskop Child Friendly (Stetoskop yang ramah anak)
Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan Stetoskop Child Friendly dan Springe Child Friendly yang digunakan khusus untuk anak agar tidak menimbulkan kekalutan.
Itulah 6 inovasi pelayanan dan fasilitas kesehatan yang ramah anak sebagai sarana menjamin berlangsungnya hak kesehatan generasi penerus bangsa. Terlebih anak-anak yang dirawat tersebut merupakan generasi emas Indonesia tahun 2045 mendatang.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here