6 Finalis Pemilihan Putri Tenun Pagatan Melaju Ke Grand Final

0
121
Batulicin, WTOL– Dewan juri Fashion Show ajang pemilihan Putri Tenun Pagatan telah menetapkan para finalis yang terjaring dari 10 besar menjadi 6 besar menuju malam grand final untuk menetapkan juara 1, 2 dan 3 pada pemilihan Putri Tenun 2019.
Ajang pemilihan Putri Tenun Pagatan dalam rangkaian Mapanre Ri Tasi dan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 16 kembali di gelar di pantai Pagatan,Senin (29/04/2019) sore.
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu Hamaluddin Taher melalui Kabid Pemasaran Ekonomi Kreatif (PEK) Nur Faizin mengatakan kegiatan ini adalah tindaklanjut dari pembukaan tanggal 20 April 2019 kamarin.
“Tinggal selangkah lagi, para 6 finalis yang melaju ke grand final, mereka akan dinobatkan sebagai Putri Tenun tahun 2019,” sebutnya dalam sambutan.
Terkait dengan pemilihan putri tenun ini tambahnya sangat berkaitan erat dengan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Tanah Bumbu.
Disebutkannya, para finalis akan di persiapkan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan wisata di daerah ini.
“Kepariwisataan dan Tenun Pagatan harus saling bersinergi kerena Tenun adalah sebuah indentitas kerajinan lokal yang harus kita pelihara bersama,” terangnya.
Diakhir sambutannya, Lomba Fashion Show Tenun Pagatan merupakan bentuk pelestarian budaya. Sebab kerajinan lokal ini sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
“Sesuatu yang menjadi kebanggaan kita bersama Tenun Pagatan masuk sebagai WBTB bersama dengan pesona budaya maritim Mappanre Ri Tasi, hingga memperoleh 2 sertifikat WBTB tahun 2018 di Jakarta,” tutupnya.
Sementara itu, kegiatan Fashion Show Tenun Pagatan dihadiri Ketua Dekranasda Tanbu Hj. Sadariah sekaligus menjadi slah satu dewan juri dalam ajang tersebut.
Wn/mc/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here