50 Produk UKM Tanbu Segera Rambah Toko Modern

0
107
Batulicin – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMP2) H. Deny Harianto, mengatakan setidaknya ada 50 jenis produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Tanah Bumbu yang akan segera masuk retail modern.
untuk mewujudkan hal itu pihaknya akan memfasilitasi para UKM di Tanah Bumbu untuk memperluas jaringan pemasaran hasil produk UKM dan juga untuk meningkatkan daya saing produk lokal dalam kancah pasar global yang sudah semakin ketat.
“Sesuai hasil analisa produk yang ditampilkan oleh para pelaku UKM, sebanyak lebih dari 15 varian produk sudah mencapai nilai yang bisa dikerjasamakan pemasarannya melalui Indomaret,” kata Deny usai menggelar pertemuan dengan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan pihak Toko Modern (Indomaret), Kamis (17/02/22).
Upaya itu lanjut Deny untuk mengurangi dominasi produk luar kabupaten sudah sangat mendominasi sebagian besar perdagangan di Tanah Bumbu.
Beberapa produk UKM lainnya masih harus dilakukan pembinaan untuk pemenuhan standar persyaratan seperti, masih ada yg belum mencantumkan berat (gramasi) dan masa ekonomis barang pada kemasan.
“Seharusnya sesuai dengan peraturan Barang Dalam Keadaan Terbungkus ( BDKT) diwajibkan untuk mencantumkan berat dan juga tanggal ekspayed produk tersebut,”imbuhnya.
Dinas KUMP2 lanjut Deny secara bertahap akan membina para pelaku UKM untuk memenuhi persyaratan dimaksud, agar sesegera mungkin produk mereka bisa mendapatkan tempat pemasaran di toko modern.
Terkait kerjasama itu,pihak Manajemen Indomaret yang dipimpin oleh Deputi Branch Manager, Bambang Purwanto, menyampaikan pihaknya sangat terbuka untuk bekerjasama dengan para UKM di Tanah Bumbu dalam hal pemasaran hasil produk UKM di gerai- gerai Indomaret dengan sistem pembayaran yang sesuai kesepakatan dan tidak memberatkan pihak UKM.
Sedangkan jumlah produk yang di kerjasamakan tersebut juga sesuai kemampuan dari UKM itu sendiri dan produk tersebut memenuhi persyaratan mutu serta perijinan sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh toko modern. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here