5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Cocok Buat Mahasiswa

0
70
Sejumlah kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, tentunya cocok untuk mereka yang berstatus mahasiswa atau ingin hidup dengan biaya terjangkau.
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi  Negeri (SBMPTN) 2021 memang telah berlalu, para mahasiswa baru siap untuk mengenyam pendidikan di universitas negeri pilihan.
Para calon mahasiswa tersebut tentu masih mencari tempat tinggal atau kos-kosan yang terdekat dengan kampus yang mereka tuju.
Jika pandemi telah berakhir dan perkuliahan offline dibuka kembali, tentu mencari tempat tinggal adalah hal yang harus dilakukan calon mahasiswa baru.
Akun Instagram MasukKampus dan laman berita online Kompas.com, mengatakan ada beberapa kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.
Biaya hidup yang murah di suatu kota, tentu hal tersebut sangat membantu para mahasiswa dalam menghemat pengeluaran.
Bagi mereka yang hidup merantau, tentunya mencari kota seperti ini, biaya hidup terjangkau, makan yang murah, hingga sewa kost yang murah.
Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia
1. Yogyakarta
Jogja atau Yogyakarta memang terkenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, mungkin sejak lama.
Misalnya saja, banyak sekali makanan yang bisa kamu konsumsi dengan harga Rp10 ribu untuk satu porsi.
Sedangkan biaya kos-kosan berkisar antara Rp300 ribu hingga Rp700 ribu per bulan, pastinya terjangkau ya.
2. Solo
Sama halnya dengan kota tetangganya Yogyakarta, Solo pun masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.
Harga makanan serta tempat tinggal di Solo, nyaris sama dengan Yogyakarta, untuk makan dan biaya tinggal sekitar Rp1,5 juta per bulan.
3. Banyuwangi
Hidup di Banyuwangi, Jawa Timur, para mahasiswa hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp1-1,5 juta per bulan untuk biaya hidup.
Bahkan, jika kamu beruntung bisa lebih murah lagi, atau sekitar Rp800 ribu per bulan, hal yang tidak mungkin terjadi di kota besar seperti Jakarta ya.
4. Cirebon
Bukannya hanya ramah kantong bagi mahasiswa saja, Cirebon pun ramah bagi para pekerja pemula, tidak heran kalau masuk ke dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.
Biaya hidup di kota di Jawa Barat ini sekitar Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per bulan, sudah termasuk sewa tempat tinggal, uang makan dan transportasi.
5. Bandar Lampung
Biaya hidup unutk sewa kamar kost di Bandar Lampung, Lampung hanya sekitar Rp350 ribu atau Rp4 juta per tahun.
Sedangkan untuk biaya makan hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp600 hingga Rp800 ribu per bulan, jika di total kamu cuma perlu mengeluarkan uang sekitar Rp1,5 juta per bulan.
Hmm, kamu mau pilih tinggal di kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia yang mana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here