5 Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

0
80
Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan kelembapan dan suhu. Biasanya, kelembapan dan suhu di luar lebih dingin daripada di dalam kabin.
Meski banyak yang menganggap sepele, ternyata embun pada kaca mobil ini sebenarnya cukup membahayakan. Karena terganggunya jarak pandang pengemudi, embun dapat menyebabkan kecelakaan fatal.
Bukan itu saja, embun yang menempel terlalu lama di kaca juga dapat menyebabkan timbulnya kerak air di permukaan kaca.
Oleh karena itu, berikut adalah 5 cara hilangkan embun di kaca mobil saat hujan, seperti dilansir situs Asuransi Astra.
1. Nyalakan AC
Suhu AC yang terlalu dingin memang bisa menyebabkan kaca berembun. Tapi, solusinya bukanlah dengan mematikan AC.
Malah, Anda disarankan untuk menyalakan AC untuk membantu menghilangkan embun, terutama ketika hujan atau udara dingin di luar mobil. Cukup atur suhu AC dan sesuaikan dengan suhu di luar saat hujan.
2. Aktifkan defogger
Defogger bisa Anda temukan di bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikal maupun horizontal.
Keberadaan defogger di musim hujan dapat membantu menghilangkan embun, sehingga visilibilitas pengemudi saat melihat ke bagian belakang akan lebih jelas.
Untuk mengaktifkan defogger, Anda cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard kendaraan Anda.
3. Oleskan kaca dengan sampo rambut
Cara lain untuk hilangkan embun di kaca mobil saat hujan adalah dengan mengoleskannya dengan sampo rambut sebelum mulai berkendara.
Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca terjaga.
Cara penggunaannya pun sederhana. Anda cukup mengoleskan sedikit sampo di kaca mobil bagian dalam (tetapi jangan dicampur air).
Lalu, lap kaca dengan lap sintetis (chamois) yang sedikit lembab (jangan bercampur air) dengan arah lurus menyamping (searah, supaya kaca tidak buram).
Setelahnya, jika hujan telah reda dan cuaca kembali cerah, segera bersihkan kaca mobil Anda dari sampo dengan menggunakan lap hingga bersih.
4.Gunakan tembakau
Selain sampo, ternyata tembakau juga bisa hilangkan embun di kaca mobil saat hujan.
Kandungan nikotin pada tembakau dipercaya dapat menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun saat suhu menjadi sangat dingin atau hujan.
Penggunaannya pun sama, Anda cukup mengoleskan tembakau pada rokok di kaca. Namun, berhati-hatilah dalam mengoleskannya agar kaca mobil tidak tergores oleh campuran potongan cengkeh yang mungkin terdapat di rokok tersebut. Oleskan secara pelan dan halus.
5. Cairan anti kabut
Bagi Anda yang ingin cara lebih praktis, Anda bisa membeli produk cairan anti kabut atau defogger di toko perlengkapan mobil.
Setelahnya, Anda cukup menyemprotkan cairan anti kabut ke kaca bagian dalam, diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah beberapa kali.
Cara Mencegah Kaca Berembun
Kaca berembun akan terjadi pada jenis mobil apa saja, baik yang murah maupun mahal. Untuk mencegah kaca berembun, ada beberapa tips lain yang bisa Anda lakukan:
  1. Jangan parkir di tempat yang terlalu terik.
  2. Buka seluruh kaca untuk beberapa menit setelah mobil Anda diparkir di tempat terik.
  3. Jangan menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Bila hal itu telah terlanjur Anda lakukan, maka setelah mobil dicuci, usahakan untuk membuka seluruh kaca hingga udara di kabin benar-benar kering.
  4. Bersihkan karpet dek mobil secara teratur dengan menjemurnya selama beberapa jam. Karena meskipun terbuat dari bahan karet atau bahan lain yang kedap air, karpet masih membawa air atau bahan lain yang berair.
Itulah tips mencegah dan 5 cara hilangkan embun di kaca mobil saat hujan.  Setelah melakukan itu semua, diharapkan embun tidak lagi mengganggu pandangan Anda mengemudi di kala hujan atau menerjang banjir.
*Save.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here