5 Alasan Mobil Manual Perlu Memasukkan Gigi 1 Ketika Parkir, Demi Keamanan

0
97
Female driver with black manual handheld
Untuk mobil dengan sistem transmisi manual, terutama mobil yang sudah cukup berumur, kebanyakan pemilik akan memasukkan ke gigi 1 atau mundur.
Yang paling penting, ketika akan menghidupkan kembali harus dikembalikan ke posisi netral, atau menginjak pedal kopling agar mobil tidak loncat. Apa tujuan memasukkan gigi 1 atau mundur saat parkir?, berikut penjelasannya.
1. Rem tangan tidak selalu kuat menanggung beban mobil apalagi di jalan menanjak
Sistem rem tangan memiliki ketahanan yang terbatas. Apalagi kondisinya tidak pernah di cek, tentunya fungsinya tidak selalu dalam keadaan optimal. Saat kondisi jalan parkir menanjak, lebih baik dibantu dengan gigi 1 atau mundur. Jika mobil menghadap ke turunan, lebih baik masukkan ke gigi mundur. Jika mobil menghadap ke tanjakan, lebih baik masukkan ke gigi 1.
2. Kampas rem tangan juga bisa habis atau turun kualitas karena pemakaian sehingga daya cengkeram sudah tidak kuat
Hand rem juga membutuhkan kampas dalam sistem kerjanya. Meski umurnya lebih panjang daripada rem kaki, tapi tetap saja akan mengalami pengurangan atau penurunan kualitas. Dampaknya, daya cengkeram menjadi berkurang dan tidak mampu menahan beban mobil.
3. Kebanyakan rem tangan model tarik, pengait hanya sekedar kawat kecil
Yang lebih bahaya, jika rangkaian didalamnya sudah mulai kurang span, dimana kebanyakan hand rem hanya menggunakan kawat kecil untuk menahan roda gigi. Sehingga jika kawat meleset, ada kemungkinan hand brake akan turun dengan sendirinya. Otomatis jika turun, mobil tidak ada penahan lagi jika tuas perseneling tidak dimasukkan.
4. Bahkan rem tangan juga bisa terkunci tidak bisa kembali jika terlalu lama
Sekedar parkir pun hand rem bisa terkunci dengan sendirinya. Cirinya ketika tuas rem tangan diturunkan, terasa lebih enteng dan ketika dinaikkan kembali tidak ada beban sama sekali. Seperti ngelos karena kampas rem tidak kembali, masih dalam posisi mencengkeram didalam. Biasanya hal ini terjadi karena rem menahan beban yang berat, sedangkan per didalamnya sudah berkarat. Bahkan menurut mekanik kepercayaan penulis, kampas rem juga bisa merekat dengan mangkuk tromol.
5. Antisipasi rem tangan belum tertarik sempurna
Beberapa rem tangan membutuhkan tenaga lebih untuk mencapai kondisi sempurna. Padahal tidak semua orang terbiasa menarik dengan sekuat tenaga. Dampaknya rem tidak menggigit dengan sempurna. Sehingga masih ada kemungkinan mobil menggelinding pada akhirnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here