BPBD:Waspada ,Tanbu Masih Berpotensi Hujan Sedang -Lebat disertai Angin Kencang

0
545

BATULICIN – Hujan terus mengguyur Tanah Bumbu sejak pagi. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus mengupdate peringatan dini cuaca diwilayahnya agar masyarakat siaga dan waspada.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala BPBD Tanah Bumbu, Hamaluddin Taher melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan Siagaan, Abdul Rahim, Kamis (28/6) mengatakan BPBD terus mengupdate Peringatan Dini Cuaca berdasarkan Prakirawan BMKG Kalimantan Selatan pada tanggal 28 Juni 2018.

Untuk cuaca diwilayah Kalimantan Selatan hingga pukul 15:40 WITA masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat pada pukul 16:10 WITA di P.Laut Timur, P.Laut Utara, Batu Licin, Kusan Hilir, Satui,dapat meluas ke wilayah Kusan Hulu, Aranio, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga* pukul.18:00 WITA.

Masih berpotensi hujan sedang-lebat disertai angin kencang ini, maka BPBD terus memperingatkan warga masyarakat waspada potensi genangan air dan banjir serta angin puting beliung di wilayah Tanah Bumbu.

Hujan sedang dan lebat yang mengguyur wilayah Tanah Bumbu pada Senin 28 Juni 2018 merendam rumah warga. Dari informasi yang diterima dari BPBD Tanah Bumbu, saat ini ada sebanyak 22 KK (Kepala Keluarga) Desa Sinar Bulan Kecamatan Satui yang mengungsi.

“Informasi sementara titik pengungsi di SMP 4 ada sebanyak 22 KK warga Sinar Bulan. Sedangkan untuk Posko Sekretariat ada di Koramil Satui,” sebut Abdul Rahim.

Adapun daerah-daerah banjir di bantaran sungai yaitu Sungai Danau, Jombang, Satui Timur, Satui Barat, Sinar Bulan. Juga desa-desa sekitarnya seperti Desa Sejahtera Mulia, Desa Sekapuk, Desa Al-Kautsar, dan Desa Setarap.

“Dapur umum disiapkan. Tempatnya di Gedung Serba Guna belakang Koramil. Pihak kami juga telah mengambil langkah koordnasi dengan pihak-pihak terkait termasuk para relawan dan pihak-pihak perusahaan di Satui untuk membantu penanganan para pengungsi,” sebutnya, seraya mengatakan petugas BPBD sudah dilapangan, ada yang ke Satui dan ada jua ke Kusan Hulu, memantau dan sudah melaksanakan penanganan.

Banjir berpotensi juga melanda Kecamatan Kusan Hulu dan Angsana diharapkan masyarakat yang berada dibataran sungai agar waspada. Karna potensi hujan masih berlanjut. (Rel/MC.Tanbu/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here