24 Baladewa Ikuti Pelatihan Penanganan Bencana BPBD Tanah Bumbu

0
149
Batulicin  – Sebanyak 24 relawan bencana yang merupakan bagian dari BALADEWA (Barisan Relawan Daerah Rawan Bencana) mengikuti pelatihan penanganan bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu.
Peserta pelatihan terdiri dari perwakilan dari desa rawan bencana di Tanah Bumbu serta anggota Tim Reaksi Cepat BPBD.
Pelatihan berlangsung dari tanggal 25 – 26 November 2022 di Kantor BPBD setempat.
Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu,H. Sulhadi, mengatakan selama dua hari pelatihan para peserta telah mengikuti 9 jam materi pelajaran,diantaranya Wawasan Kebangsaan, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dari Kodim 1022/Tnb.
“Meningkatkan kapasitas, kemampuan, dan keterampilan relawan penanggulangan bencana untuk menciptakan penanganan bencana dengan cepat tepat dan terukur,” ujarnya.
Selain itu peserta juga diberikan teori pertolongan pertama pada korban bencana, teori penyelamatan terhadap korban di air, serta, praktek atau simulasi penyelamatan terhadap korban di air (Water Rescue) dengan narasumber dari Basarnas.
Pelatihan ini juga bertujuan memupuk rasa kebersamaan, persatuan, dan kesatuan antar personil selaku ujung tombak dalam penanggulangan bencana.
“Para relawan memiliki mental dan karakter yang tangguh, terampil, dan trengginas bagi para relawan sebagai bagian dari BALADEWA (Barisan Relawan Daerah Rawan Bencana).
Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Ansyari Firdaus saat menutup kegiatan ini
menyampaikan apresiasi kepada BPBD Tanbu atas penyelenggaraan pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas Tim Relawan Bencana untuk mewujudkan mental dan karakter yang tangguh, terampil, dan trengginas.
Ia berharap setelah mengikuti pelatihan ini, para Barisan Relawan Daerah Rawan Bencana (Baladewa) semakin memahami tugas dan fungsinya sebagai relawan, sehingga dapat membantu penanganan secara maksimal pada saat terjadi bencana. (Rel).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here