16 Desa di Tanah Bumbu Akan Dimekarkan,Berikut daftarnya.

0
257
Batulicin – Tim verifikasi Kabupaten kembali menyepakati rencana pemekaran 16 desa yang berada di enam kecamatan di Tanah Bumbu.
Sebelumnya,16 desa tersebut telah melalui pembahasan akhir tim verifikasi kabupaten bersama tim kecamatan hingga observasi kelapangan sebelum direkomendasi ke Bupati Tanah Bumbu.
Pemekaran desa ini menambah jumlah desa pemekaran beberapa waktu lalu yakni delapan desa pemekaran yang telah disetujui dan saat ini berstatus desa persiapan.
Adapun 16 desa tersebut yokni desa Tanamerah Indah dari Kersik Putih di Kecamatan Batulicin.
Desa Batu Meranti Jaya dari Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban,
Mekar Mulya dari Giri Mulya Kecamatan Kuranji,
Selanjutnya Nunggal Jaya desa induk Manunggal dan Bintang Makmur berasal dari Desa Karang Bintang Kecamatan Karang Bintang.
Sementara di Kecamatan Simpang Empat ada desa Tungkaran Jaya 21 dari Keluarahan Tungkatan Pangeran, Makmur Barokah dari Kelurahan Kampung Baru, Anugerah Sejahtera dari Desa Sejahtera, Gunung Kanuar pecahan Desa Gunung Besar, Hidayah dari Desa Bersujud, Berkah Antasari dari Gunung Antasari, Gunung Meranti dari Desa Sungai Dua .
Adapun di Kecamatan Mantewe,yakni desa Sukadamai Timur dan Sukadamai Barat dengan desa induk Sukadamai, Mulya Jaya dari Sari Mulya serta Kebun Agung pecahan dari Desa Sepakat.
Plt. Kepala Dinas PMD Tanah Bumbu, Samsir mengatakan,isu strategias pemekaran merupakan kebijakan Bupati yang harus disikapi dan dilaksanakan.
” Setelah tim melakukan observasi langsung ke lapangan,dinyatakan seluruh desa pemekaran baru ini layak dimekarkan,”  ujar Samsir, di Ruang Kerja Kadis PMD Tanah Bumbu, Rabu (27/10/21).
Menurut Samsir, pemekaran bertujuan untuk memudahkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.
“Untuk pemekaran sendiri nantinya akan bersinergi dengan Bappeda dengan melihat perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) apakah pemekaran menguntungkan untuk meningkatkan hal itu,” imbuhnya.
Untuk itu dirinya berharap semua pihak terutama Dinas PMD, Disperkimtan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Disdukpencapil dan dinas lainya harus berkomitmen untuk memajukan desa tertinggal menjadi berkembang hingga mencapai status desa maju.
Kebijakan pemekaran desa di Bumi Bersujud ini telah menarik minat dan keinginan Kabupaten Barito Kuala untuk melakukan studi banding ke Tanah Bumbu. (Zd/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here