10 Hari Kedua Bulan Ramadhan Tiba, 5 Amalan Ini Bisa Mengeruk Pahala Besar

0
88
Umat Islam di Indonesia akan memasuki 10 hari kedua bulan Ramadhan 2022, tepatnya besok Rabu (13/4/2022). Sama seperti 10 hari pertama, 10 hari kedua bulan Ramadhan juga memiliki keistimewaan.
Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk terus mengerjakan amalan-amalan baik selama 10 hari kedua bulan Ramadhan. Apa saja amalan ibadah yang dimaksud?
Mengutip sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, berbunyi seperti berikut:
“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadan adalah rahmah, pertengahannya maghfirah dan akhirnya itqum minan nar.”
Setidaknya ada 5 amalan 10 hari kedua bulan Ramadhan yang dapat kita kerjakan.
1. Sedekah lebih banyak
Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan penuh rahmat, termasuk jika kita berbuat baik maka akan dilipatgandakan.
Dengan memberi sedekah kepada keluarga, kerabat, ataupun tetangga yang sedang berpuasa maka akan dicatat sebagai pahala seperti orang yang berpuasa. Akan bertambah pahala kalian, jika intensitas dan nominal sedekah yang diberikan juga lebih dari biasanya.
2. Ibadah sunnah diperbanyak
Ibadah sunnah bisa dilakukan untuk mendapat rahmat dari Allah SWT. Ibadah sunnah yang dapat ditingkatkan selama 10 hari kedua bulan Ramadhan adalah sholat dhuha dan sholat tahajud.
3. Baca Al Quran ditingkatkan
Umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Kalian bisa membaca Al Quran pada pagi, siang, atau sore hari.
Tujuannya, agar mendapat ketenangan hati bagi setiap muslim yang membacanya.
4. Menahan lisan
Hal ini sering luput dan tidak diperhatikan oleh orang-orang. Padahal, menahan lisan dari segala perakara yang tak berfaedah, apalagi haram akan memberikan nilai tambah untuk ibadha puasa Ramadhan kita.
Menahan lisan itu termasuk berbohong dan mengumpat. Asal kalian tahu, seseorang yang tidak bisa menahan lisannya dapat berpotensi menggugurkan pahala puasa.
5. Dzikir dan doa diperbanyak
Dzikir merupakan suatu amalan dimana kita selalu mengingat dan selalu ingin dekat dengan Allah SWT. Dzikir selama puasa bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.
Bulan Ramadhan bisa dijadikan momentum untuk memperbanyak doa. Berdoa dapat dipanjatkan ketika adzan berkumandang, saat malam lailatul qadar, dan saat sahur.
Itulah beberapa amalan yang dapat dikerjakan selama 10 hari kedua bulan Ramadhan. Mulai sekarang sebaiknya kita tidak hanya berpuasa menahan lapar dan haus saja, tapi juga melakukan ibadah dan kegiatan baik seperti di atas. (Ayo bandung.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here