10 Desa Di Tanbu Diusulkan Menjadi Kampung Iklim 2020

0
210
Batulicin,WTol – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu,tengah mematangkan persiapan pelaksanaan sosialisasi program kampung iklim (proklim).
Program kampung iklim sendiri merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi dampak perubahan iklim dan variabilitas iklim
“Ada 10 desa yang telah kita usulkan menjadi kampung iklim 2020 melalui sistim registrasi nasional Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI,”terang Kadis DLH Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo melalui Kabid Tata Lingkungan, Hj. Laili Hartati, Senin (9/3/20)
Sepuluh desa tersebut diantaranya Desa Angsana, Sumber Baru, Mekar Jaya, Banjar Sari, Purwodadi Kecamatan Angsana, Desa Wonorejo Kecamatan Satui, dan Desa Tibarau Panjang Kecamatan Kusan Hulu.
Tiga desa lainnya yakni Desa Sido Mulyo Kecamatan Mantewe, Desa Pandan Sari dan Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang,
Dikatakan,saat ini DLH Tanah Bumbu tengah melakukan identifikasi kerentanan dan resiko akibat perubahan iklim, identifikasi sumber emisi dan serapan gas rumah kaca, pengembangan dan peningkatan kapasitas masyarakat untuk mendukung pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.
Laili menambahkan,pihaknya juga tengah melakukan penyusunan rencana aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim tingkat lokal berbasis masyarakat, melakukan peningkatan kapasitas akses sumberdaya pendanaan, teknologi adaptasi dan mitigasi, serta melakukan pemantauan dan evaluasi.
“Proklim ini bukan lomba tapi program yang diinisiasi dari kegiatan adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim yang ada di masyarakat untuk dapat diidentifikasi, didokumentasi dan dikembangkan sesuai dengan kondisi tipologi wilayah yang diharapkan berjalan secara berkesinambungan,” imbuhnya
Desa Batulicin Irigasi merupakan satu desa di Tanah Bumbu yang termasuk dari 3 desa se Provinsi Kalimantan yang berhasil mendapatkan apresiasi penghargaan proklim utama dari Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Desa Batulicin Irigasi tersebut diharapkan mampu mengembangkan proklim minimal di 10 desa binaan,target selanjutnya untuk meraih proklim lestari,”pungkasnya.
Program kampung iklim bertujuan memberikan penguatan pelaksanaan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim serta kelembagaan untuk mendukung partisipasi masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim terintegrasi.
Zh/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here